PROGRAM KERJA SEKOLAH

PROGRAM KERJA SEKOLAH
SD KOALISI NASIONAL NGALIYAN 01, 03, 07
SEMARANG-JAWA TENGAH

PEMERINTAH KOTA SEMARANG
DINAS PENDIDIKAN
SEKOLAH KOALISI NASIONAL NGALIYAN 01, 03, 07
KECAMATAN NGALIYAN
Jl. Prof. Dr. Hamka Telp./Fax 024-7623256 e-mail : escolin_010307@yahoo.com Semarang


BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang
Selaras dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi serta pesatnya Informasi yang membawa kita ke dunia global, Sekolah Dasar Koalisi Nasional Ngaliyan 01, 03, 07 Semarang mendapat tantangan yang cukup berat untuk bisa sejajar, bertaraf International. Apalagi dengan turunnya Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional Nomor: 448 a / c.c2 / Kep / DS / 2003 tentang penetapan Sekolah Dasar Koalisi Tingkat Nasional, maka Sekolah Dasar Koalisi Nasional Ngaliyan 01, 03, 07 senantiasa berusaha meningkatkan mutu baik dalam akademik maupun non akademik.
Penetapan sebagai sekolah koalisi perlu didukung dengan pemahaman semua warga sekolah tentang kebijakan pemberian status tersebut. Bertolak dari itu maka kami memiliki program untuk meningkatkan mutu proses belajar mengajar melalui peningkatan profesionalisme tenaga guru dan beberapa program pendukung sekolah koalisi. Selanjutnya langkah-langkah dan sasaran strategis itu terangkum secara sederhana menjadi satu program Sekolah Dasar Koalisi Nasional Ngaliyan 01, 03, 07 Semarang .

B. Visi dan Misi Sekolah Dasar Koalisi Nasional Ngaliyan 01, 03, 07 Semarang
Visi : Unggul dalam Prestasi, Santun dalam Perilaku
Misi :
1. Memberikan layanan prima kepada siswa sesuai dengan kompetensinya.
2. Menumbuhkan semangat keunggulan secara intensif pada seluruh warga sekolah
3. Menciptakan hidup rukun dan membiasakan berlaku santun serta saling menghargai terhadap sesama
4. Menerapkan manajemen yang transparan, demokratis, profesional dan partisipatif dengan melibatkan seluruh warga sekolah
5. Menegakkan disiplin dengan penuh tanggung jawab.

C. Tujuan Sekolah
1. Mewujudkan kesempatan dan pemerataan bagi seluruh warga Indonesia untuk mendapatkan pendidikan yang bermutu, akuntabel, efektif, efisien dan mandiri.
2. Menjadikan lingkungan sekolah yang kondusif dengan menerapkan Manajemen Berbasis Sekolah sehingga terwujud ketahanan sekolah yang mantap
3. Mengenalkan teknologi informasi kepada seluruh warga sekolah
4. Menjadikan Bahasa Inggris sebagai bahasa ke dua di sekolah
5. Meningkatkan partisipasi masyarakat dalam bentuk mendekatkan sekolah ke masyarakat dan membawa masyarakat ke sekolah


BAB II
PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH

A. Program Jangka Panjang (8 tahun)
1. Bidang Kurikulum
a. Pembelajaran menggunakan LCD
b. Pembelajaran khusus mata pelajaran Matematika dan IPA menggunakan pengantar Bahasa Inggris.
2. Bidang Kesiswaan
a. Mengadakan studi banding ke SD Koalisi di lain propinsi
b. Mengadakan kegiatan bersama dengan SD Koalisi dari lain propinsi
c. Siswa terampil mengoperasikan komputer dan internet
d. Siswa mampu berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris
e. Siswa mampu menjuarai setiap lomba, minimal di tingkat propinsi.
3. Bidang Sarana Prasarana
a. Merenovasi ruang kelas sesuai maket, dengan skala prioritas
b. Membuat ruang laboratorium MIPA
c. Membuat laboratorium bahasa
d. Membuat ruang komputer
e. Membuat ruang pembelajaran multi media
f. Membuat ruang Bimbingan Konseling
g. Membuat ruang ketrampilan
h. Melengkapi AC di ruang Kepala Sekolah dan Guru serta ruang kelas
i. Membuat ruang Unit Kesehatan Sekolah
j. Membuat ruang piala
k. Membuat ruang koperasi sekolah
l. Membuat gardu pos penjagaan
m. Membuat rumah penjaga
B. Program Jangka Menengah (4 tahun)
1. Bidang Kurikulum
a. Membentuk kelas unggulan dimilai dari kelas II
b. Pembelajaran menggunakan LCD
c. Pembelajaran khusus mata pelajaran Matematika dan IPA menggunakan pengantar Bahasa Inggris.
d. Membentuk masing-masing kelas menjadi 4 rombongan belajar
2. Bidang Kesiswaan
a. Mengadakan studi banding ke sekolah lain yang lebih maju.
b. Mengadakan kegiatan bersama dengan SD Koalisi dari lain propinsi
c. Siswa terampil mengoperasikan komputer dan internet
d. Siswa mampu berkomunikasi menggunakan Bahasa Inggris
e. Siswa mampu menjuarai setiap lomba, minimal di tingkat propinsi.
3. Bidang Sarana Prasarana
a. Merenovasi ruang kelas sesuai maket, dengan skala prioritas
b. Membuat ruang laboratorium MIPA
c. Membuat laboratorium bahasa
d. Membuat ruang komputer
e. Membuat ruang pembelajaran multi media
f. Membuat ruang Bimbingan Konseling
g. Membuat ruang ketrampilan
h. Melengkapi AC di ruang Kepala Sekolah dan Guru serta ruang kelas
i. Membuat ruang Unit Kesehatan Sekolah
j. Membuat ruang piala
k. Membuat ruang koperasi sekolah
l. Membuat gardu pos penjagaan
m. Membuat rumah penjaga
C. Program Jangka Pendek (1 tahun)
1. Bidang Kurikulum
a. Membentuk Kelas Khusus
b. Memberlakukan English day
c. Pembelajaran Bahasa Inggris mulai dari kelas I s/d kelas VI masuk ke dalam mata pelajaran Intra Sekolah
d. Memberikan bimbingan secara khusus kepada siswa yang berbakat, guna mempersiapkan siswa mengikuti berbagai lomba.
e. Memberikan tambahan pelajaran kepada siswa dengan cara mengadakan perbaikan dan pengayaan.
f. Mengefektifkan program remedial.
g. Melaksanakan ulangan bersama setiap akhir bulan
2. Bidang Pengembangan Sumber Daya Manusia
a. Mengefektifkan KKG
b. Memberikan pelatihan Bahasa Inggris dan Komputer bagi guru
c. Mengadakan pelatihan pengembangan silabus
d. Mengadakan lomba kreativitas guru
e. Pemilihan Teacher of the Year.
f. Workshop peningkatan mutu bersama BSNP.
g. Mengikut sertakan guru ke seminar nasional.
h. Setiap guru kelas membuat peta kelas yaitu mengelompokkan siswa yang pandai, sedang dan kurng. Dengan dasar itulah guru dapat memberikan layanan kepada siswa secara tepat.
i. Mengadakan siraman rohani bagi guru-guru setiap dua bulan sekali.
2. Bidang Kesiswaan
a. Memberikan bimbingan kepada siswa berbakat dengan membentuk kelompok-kelompok belajar yang dipandu oleh guru dan arang tua murid baik dalam bidang akademik maupun non akademik.
b. Mengikuti Lomba Olympiade
c. Mengikuti Lomba Festival Kompetensi Siswa
d. Mengikuti Kegiatan dalam rangka Semarang Pesena Asia (SPA)
e. Sholah Jum’at berjamaah
f. Baca Tulis Al qur’an
g. Qiro’
h. Sholat Dzuhur berjamaah
i. Mengikuti berbagai lomba mata pelajaran, baik di tingkat gugus, kecamatan, kota maupun ditingkat yang lebih atas.
j. Mengikuti Popda dan Pekan Seni
k. Melaksanakan hari besar agama
l. Mengadakan Pesantren Ramadhan
m. Melaksanakan pentas seni, pameran dan bazaar
n. Mengikuti lomba/event terbuka dalam bidang akademik maupun non akademik
o. Pelatihan jurnalistik bagi siswa
p. Penyuluhan narkoba
q. Mengoptimalkan peran dokter kecil dan pengkaderan dokter kecil
r. Penyuluhan pentingnya kesehatan anak
s. Membentuk Pasukan Pengibar Bendera
t. Mengoptimalkan regu karawitan
u. Melaksanakan kegiatan kepramukaan
v. Pemilihan children of the year.
3. Bidang Sarana Prasarana
a. Melengkapi aransi kelas
b. Melengkapi alat peraga
c. Melengkapi sarana olah raga
d. Penambahan alat drumband
e. Mengganti meja kursi tamu
f. Mengadakan meja kursi guru
g. Memasang jaringan faximile
h. Pengadaan kamera digital
i. Memperbaiki ruang guru
j. Membuat tempat parkir
k. Pengadaan almari kostum
l. Melengkapi buku perpustakaan
m. Pembuatan maket sekolah
n. Pengadaan tendon air
o. Pengadaan bell listrik
p. Merenovasi kamar mandi
q. Pembenahan taman


BAB III
PROGRAM UMUM SEKOLAH

A. Kepala Sekolah
Untuk mencapai tujuan yang ditetapkan diperlukan program kerja Kepala Sekolah yang meliputi program kegiatan tahunan, semesteran, bulanan, minguan, dan harian serta kegiatan khusus dalam menjelang akhir tahun pelajaran dan awal tahun pelajaran
Kegiatan tersebut antara lain:
1. Kegiatan awal tahun pelajaran
Menetapkan rencana pendidikan atau pembelajaran untuk tahun pelajaran yang akan berjalan meliputi perencanaan :
a. Rapat awal tahun dengan dewan guru
b. Rapat pleno dengan orang tua siswa dan Komite Sekolah
c. Pembagian tugas mengajar
d. Pembinaan guru/siswa
e. Kebutuhan buku-buku pelajaran dan pegangan guru
f. Kelengkapan alat-alat pelajaran atau alat Bantu pendidikan
g. Pengisian buku-buku administrasi
h. Supervisi
2. Kegiatan semesteran meliputi :
a. Pelaksanaan ulangan semesteran
b. Melalukan evaluasi pelaksanaan pembelajaran dalam satu semester yang sudah berlangsung dengan melihat pencapaian target kurikulum dan tarap serap
c. Pembinaan.
3. Kegiatan bulanan meliputi :
a. Melakukan pemeriksaan secara umum terhadap administrasi sekolah atau guru
b. Melaksanakan supervisi
c. Mengadakan evaluasi terhadap kegiatan yang telah dilaksanakan
d. Pembinaan
4. Kegiatan mingguan meliputi :
a. Melaksanakan upacara bendera
b. Melaksanakan senam kesegaran jasmani
c. Melaksanakan KKG
d. Menyelesaikan kasus atau kejadian minggu lalu yang belum terselesaikan.
5. Kegiatan harian meliputi :
a. Memeriksa daftar hadir guru dan karyawan
b. Memeriksa kebersihan sekolah
c. Memeriksa persiapan mengajar guru
d. Mengadakan pengawasan umum terhadap berlangsung-nya pembelajaran
e. Mengatasi masalah sekolah yang terjadi
f. Mengerjakan administrasi Sekolah
g. Rapat Koordinasi
B. Guru
Sekolah Dasar Koalisi Nasional Ngaliyan 01, 03, 07 Semarang terdiri dari guru kelas dan guru mata pelajaran. Pada dasarnya tugas guru selain mengelola kegiatan pembelajaran juga bertugas membantu Kegiatan Kepala Sekolah. Untuk itu Kepala Sekolah membentuk Koordinator bidang, yaitu:
1. Koordinator Bidang Kurikulum
a. Menyusun dan menjabarkan kalender pendidikan
b. Menyusun pembagian tugas guru dan jadwal pelajaran.
c. Mengatur penyusunan program pengajaran ( program semester ) program satuan pelajaran dan persiapan mengajar, penjabaran dan penyesuaian kurikulum
d. Mengatur pelaksanaan kegiatan kurikuler dan ekstrakurikuler.
e. Mengatur pelaksanaan program penilaian criteria kenaikan kelas, criteria kelulusan dan laporan kemajuan belajar siswa, serta pembagian raport dan STTB
f. Mengatur pelaksanaan program perbaikan dan pengajaran
g. Mengatur pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar
h. Mengatur pengambangan MGMPP dan koordinator mata pelajaran
i. Mengatur mutasi siswa
j. Melakukan supervisi admisnitrasi dan akademis
k. Menyusun laporan
2. Koordinator Bidang Kesiswaan
a. Bidang Kesiswaan Akademik
b. Bidang Kesiswaan Non-Akademik
` Mengatur program dan pelakasanaan bimbingan dan konseling
` Mengatur dan mengkoordinasikan pelaksanaan 7K (keamanan, kebersihan, ketertiban, keindahan, kekeluargaan, kesehatan dan kerindangan )
` Mengatur dan membina program kegiatan kepramukaan, palang merah remaja (PMR), usaha kesehatan sekolah (UKS)
` Mengatur program pesantren kilat
` Menyusun dan mengatur pelaknsaan pemilihan siswa teladan sekolah
` Menyelenggarakan cerdas cermat, olahrag prestasi
` Menyeleksi calon siswa untuk diusulkan mendapat beasiswa
3. Koordinator Bidang Sarana-Prasarana
a. Merencanakan kebutuhan sarana prasarana untuk menunjang proses belajar mengajar
b. Merencanakan proses pengadaannya
c. Mengatur pemanfaatan sarana dan prasarana
d. Mengelola perawatan, perbaikan dan pengisian
e. Mengatur pembukuan
f. Menyusun laporan.
C. Kepala Tata Usaha
Kepala Tata Usaha Sekolah mempunyai tugas melaksanakan ketatausahaan sekolah dan bertanggung jawab kepada Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
1. Penyusunan program kerja tata usaha sekolah
2. Pengelolaan keuangan sekolah
3. Pengurusan administrasi ketenagaan dan siswa
4. Pembinaan dan pengembangan karier pegawai tata usaha sekolah
5. Penyusunan dan penyajian data/statistik sekolah.
6. Mengkoordinasikan dan melaksanakan 7K
7. Penyusunan laporan pelaksanaan kegiatan pengurusan ketatausahaan secara berkala.
D. Petugas Perpustakaan
Pustakawan sekolah membantu Kepala Sekolah dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
1. Perencanaan pengadaan buku-buku/bahan pustaka/media elektronika
2. Pengurusan pelayanan perpustakaan
3. Perencanaan pengambangan perpustakaan
4. Pemeliharaan dan perbaiakan buku-buku/bahan pustaka/media elektronika
5. Inventarisasi dan pengadministrasian buku-buku/bahan pustaka/media elektronika
6. Melakukan layanan bagis siswa, guru dan tenaga kependidikan lainnya, serta masyarakat
7. Penyimpanan buku-buku perpustakaan/media elektronika
8. Menyusun tata tertib perpustakaan
9. Menyusun laporan pelaksanaan kegiatan secara berkala
E. Penjaga
Tugas Penjaga sekolah adalah melaksanakan, mengupayakan dan selalu menjaga kebersihan kerapian, keamanan dan keindahan. Selain itu menyiapkan minum bagi seluruh guru, karyawan dan tamu serta menyiapkan peralatan yang dibutuhan dalam berbagai kegiatan sekolah.
F. Satuan Pengaman
1. Mengisi buku catatan kejadian
2. Mengantar/memberi petunjuk tamu sekolah koalisi nasional ngal mengamankan ucapara, PBM, UAS/UAN, rapat
3. Menjaga kebersihan POS Jaga
4. Menjaga ketenganan dan keamanan siang dan malam
5. Merawat perawatan jaga malam
6. Melaporkan kejadian secepatnya, bila ada


BAB IV
PROGRAM KHUSUS SEKOLAH KOALISI

A. Program Khusus Sekolah Koalisi dan Hasil yang Diharapkan
Sebagai Sekolah Koalisi, Sekolah Dasar Koalisi Nasional Ngaliyan 01, 03, 07 Semarang merencanakan beberapa kegiatan untuk meningkatkan mutu sekolah. Kegiatan tersebut dirinci menjadi beberapa bagian :
1. School Based Management
Sosialisasi Program sekolah Koalisi
- Bentuk kegiatan
Sosialisasi ini akan dilaksanakan dalam bentuk tatap muka dan presentasi atas keberadaan, visi dan misi tujuan jangka pendek dan jangka panjang, serta program Sekolah Dasar Koalisi Nasional Ngaliyan 01, 03, 07 Semarang sebagai Sekolah Koalisi.
Acara sosialisasi direncanakan dilaksanakan sebanyak 2(dua) kali, yaitu:
(1) Sosialisasi untuk guru dan komite sekolah
(2) Sosialisasi kepada masyarakat khususnya orang tua murid
- Hasil yang diharapkan
Sosialisasi ini diharapkan dapat mendukung pengembangan Sekolah Dasar Koalisi Nasional Ngaliyan 01, 03, 07 Semarang sebagai Sekolah Koalisi. Secara intern, kegiatan ini diharapkan dapat memberi gambaran yang jelas kepada guru akan tugas dan tanggung jawab Sekolah Koalisi serta memacu keinginan guru untuk meningkatkan mutu pribadi dan peran serta secara aktif dalam kegiatan koalisi. Peran Komite Sekolah juga diharapkan semakin meningkat. Sementara, sosialisasi kepada masyarakat diharapkan dapat menggalangkan dukungan orang tua dan masyarakat untuk bersama-sama mendukung kegiatan Sekolah Koalisi. Diharapkan kesadaran masyarakat untuk ikut berperan serta dalam meningkatkan mutu Sekolah Koalisi.
2. Teaching Environment and Condition
a. Pembuatan label nama dengan menggunakan 2(dua) bahasa pada tanaman, sarana dan prasarana sekolah.
 Bentuk kegiatan
Pembuatan motto dan pesan sekolah yang berisi pesan sederhana, ringkas dan bermanfaat.
 Hasil yang diharapkan
Keberadaan motto dan pesan ini diharapkan mampu menciptakan suasana belajar bagi warga sekolah, sekaligus secara tidak langsung menambah kosakata Bahasa Inggris.
b. Pembuatan papan display di tempat-tempat strategis
 Bentuk kegiatan
Pembuatan papan display yang berisi informasi, pesan, hasil karya siswa yang di pasang di tempat-tempat strategis.
 Hasil yang diharapkan
Keberadaan papan display ini diharapkan mampu menciptakan suasana belajar bagi warga sekolah, sekaligus secara tidak langsung merangsang kraetivitas anak untuk selalu berkarya.
3. Teacher Competencies and Rewarding System
a. Seminar dan Lokakarya untuk Guru
 Bentuk kegiatan
Berupa seminar Lokakarya satu hari bagi seluruh guru, yang sebagian pemakalahnya adalah dari guru sendiri
 Hasil yang diharapkan
Kegiatan ini berfungsi sebagai penyegaran bagi guru untuk menampilkan kelebihan yang dimiliki serta memupuk kebersamaan guru.
b. Lomba Kreatifitas Pembuatan Media Pembelajaran
 Bentuk kegiatan
Perlombaan bagi guru dalam pembuatan media pembelajaran, guna menunjang proses pembelajaran.
 Hasil yang diharapkan
Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan dan memacu kreativitas guru, sekaligus menumbuhkan suasana kompetisi yang sehat. Untuk tindah lanjut, hasil karya yang dianggap bagus dan dapat digunakan menunjang proses pembelajaran dapat diperbanyak untuk menambah media pembelajaran.
4. Curriculum and Learning Materials
a. Penyediaan koleksi buku perpustakaan
 Bentuk kegiatan
Menambah koleksi perpustakaan yang sudah ada, terutama buku-buku yang menggunakan Bahasa Inggris, termasuk kamus bahasa Inggris.
 Hasil yang diharapkan
Dengan bertambahnya koleksi, diharapkan semakin meningkatkan kegemaran membaca bagi warga sekolah sekaligus menambah pengetahuan.
b. Pengadaan Media Pembelajaran
 Bentuk kegiatan
Untuk menunjang proses pembelajaran perlu diadakan penambahan berbagai media pembelajaran, baik dengan cara membeli maupun hasil karya guru.
 Hasil yang diharapkan
Dengan bertambahnya media pembelajaran, diharapkan dapat mempermudah guru dalam mengajar, juga meningkatkan pemahaman siswa.
5. Community Participation
a. Penyuluhan Sadar Berlalu Lintas
 Bentuk Kegiatan
Pemberian penyuluhan dari Kepolisian Sektor bagi warga sekolah dalam berlalu lintas.
 Hasil yang diharapkan
Dengan penyuluhan ini siswa diharapkan sadar akan pentingnya disiplin dalam berlalu lintas.

6. Information, Communication and Technology
a. Pelatihan Komputer
 Bentuk kegiatan
Menyelenggarakan pelatihan komputer yang diikuti oleh seluruh guru dan karyawan.
 Hasil yang diharapkan
Setelah mengikuti pelatihan komputer, guru dapat menggunakan komputer sebagai penunjang kegiatan pembelajaran.
b. Pelatihan Bahasa Inggris
 Bentuk Kegiatan
Pelatihan bahasa Inggris bagi guru dan karyawan setiap hari Rabu siang sepulang sekolah, seminggu sekali selama sepuluh bulan.
 Hasil yang diharapkan
Untuk jangka pendek, guru mau menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa kedua setelah bahasa Indonesia dengan sesama guru maupun murid. Untuk jangka panjang, guru diharapkan mampu mengajar di kelas dengan menggunakan Bahasa Inggris.
c. English Day
 Bentuk kegiatan
Seluruh warga sekolah menggunakan Bahasa Inggris pada hari-hari tertentu. Untuk jangka pendek direncanakan dilaksanakan setiap hari Sabtu, sementara jangka panjang diharapkan Bahasa Inggris dapat digunakan setiap saat.
 Hasil yang diharapkan
Seluruh warga sekolah dapat berkomunikasi dengan menggunakan Bahasa Inggris.


BAB V
PROGRAM PENINGKATAN MUTU

A. Sumber Daya Manusia
Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan di SD Koalisi Nasional Ngaliyan 01, 03, 07 Semarang, peranan sumber daya manusia dalam pengelolaan manajemen sekolah sangat penting. Baik buruknya sistem manejemen pendidikan kita, terkait erat dengan mutu sumber daya manusia pula, demikian juga mutu pembelajaran agar lebih bermakna bagi siswa, dibutuhkan sumber daya manusia yang handal dan profesional oleh karena itu program peningkatan mutu sumber daya manusia di SD Koalisi Nasional Ngaliyan 01, 03, 07 Semarang senantiasa diupayakan dan diselaraskan dengan program visi dan misi sekolah, melalui :
1. Mengikuti program belajar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi
2. Mengikuti pelatihan atau penataran
3. Mengikuti seminar, workshop
4. Mengadakan studi banding
5. Melaksanakan KKG secara intensif

B. Program Pengajaran (Kurikulum)
Kurikulum disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan dengan mempertimbangkan tahap perkembangan peserta didik dan disesuaikan dengan lingkungan, kebutuhan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. siswa kelas I sampai dengan kelas VI menggunakan kurikulum KTSP.

C. Model Pembelajaran
Berangkat dari konsep pemikiran bahwa anak merupakan individu yang unik, yang mana setiap individu mempunyai potensi yang berbeda-beda, maka sangat diperlukan model pembelajaran yang tepat yaitu pembelajaran secara klasikal dengan menggunakan pendekatan individu, dengan cara :
1. Setiap guru kelas membuat peta kelas yaitu mengelompokkan siswa yang pandai, sedang,dan kurang. Dengan dasar itulah guru dapat memberikan layanan kepada siswa secara tepat.
2. Memberi bimbingan secara khusus kepada siswa yang berbakat, guna menpersiapkan siswa dalam mengikuti berbagai lomba.
3. Memberikan tambahan pelajaran kepada siswa dengan cara mengadakan perbaikan dan pengayaan.
4. Mengefektifkan program remidi.
5. Membentuk club – clup mapel
6. Kerjasama dengan Lembaga Bimbingan Belajar


D. Sistem Evaluasi
Guna mengukur ketercapaian materi (daya serap) perlu dilakukan evaluasi yang meliputi :
- ulangan harian
- ulangan blok
- penilaian pengamatan
- penilaian tugas atau PR
- ulangan tengah semester
- ulangan akhir semester
- ujian akhir sekolah

E. Administrasi
Administrasi yang tertib mewujudkan kinerja yang baik,untuk itu guna meningkatkan mutu SD Koalisi Nasional Ngaliyan 01, 03, 07 Semarang perlu membiasakan pengerjaan administrasi secara teratur dan lengkap yang meliputi :
- Administrasi Kepala Sekolah
- Administrasi guru kelas
- Administrasi guru mata pelajaran
- Administrasi tenaga kependidikan.

F. Program Kegiatan Bidang Non Akademik
Guna menyimbangkan otak kiri dan otak kanan maka perlu dikembangkan kegiatan non akademik melalui kegiatan ekstra kurikuler. SD Koalisi Nasional Ngaliyan 01, 03, 07 Semarang, menyelenggarakan berbagai kegiatan ekstra kurikuler diantaranya yaitu :
- Pramuka
- Band
- Karawitan
- Tari
- Pencak silat
- Bahasa Inggris
- Paduan Suara
- Pembacaan Puisi
- Geguritan
- Sempoa
- Komputer
- Drum band
Siswa akan mengaktualisasikan hasil kegiatan tersebut melalui Pentas Seni atau lewat Porseni.
G. Program Bidang Sarana Prasarana
Program bidang sarana prasarana dan rumah tangga meliputi pengadaan dan perawatan serta mengatur penggunaannya dan penyediaan fasilitas bagi guru dan karyawan guna memperlancar kegiatan belajar mengajar dan kegiatan lain. program bidang sarana prasarana dan rumah tangga meliputi :
6.1. Rehab Bangunan Gedung, terdiri dari :
6.1.1 Perbaikan plafon ruang kelas
6.1.2 Melanjutkan Pembangunan Ruang kelas
6.1.3 Renovasi atap aula
6.1.4 Pembuatan Area Parkir
6.1.2. Perbaikan dinding kelas
6.1.3 Perbaikan mebelair
6.1.4 Pengecatan dinding dan pagar
6.1.5 Perbaikan papan tulis
6.2. Pengadaan barang, terdiri dari :
6.2.1. Pengadaan mebelair
6.2.2. Pengadaan komputer
6.2.3. Pengadaan alat-alat peraga
6.2.4. Pengadaan alat tulis kantor
6.2.5. Pengadaan seragam guru dan karyawan
6.2.6. Pengadaan alat kebersihan
6.2.7 Pengadaan sound system
6.2.8. Pengadaan seperangkat alat drumband.
6.2.9. Pengadaan LCD
6.2.10. Pengadaan Notebook/Laptop

H. Laboratorium
Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan pendidikan di SD Koalisi Nasional Ngaliyan 01, 03, 07 Semarang, maka perlu adanya prasarana laboratorium yang memadai sebagai penunjang kegiatan pembelajaran yang lebih baik kepada peserta didik. SD Koalisi Nasional Ngaliyan 01, 03, 07 Semarang saat ini mempunyai laboratorium komputer dan laboratorium Bahasa Inggris. Pada akan menambah laboratorium Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

I. Program Perpustakaan
Perpustakaan merupakan salah satu komponen sekolah yang sangat penting perannya bagi peningkatan mutu pendidikan di SD Koalisi Nasional Ngaliyan 01, 03, 07 Semarang. Dengan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan yang baik diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa, guru dan karyawan, sehingga peningkatan mutu sumber daya manusia dan mutu pendidikan akan didapatkan.
Pada , SD Koalisi Nasional Ngaliyan 01, 03, 07 Semarang memprogramkan untuk mengangkat petugas khusus yang menangani perpustakaan sehingga pengelolaan dan pelayanan di pustakaan lebih optimal.
J. Program Kegiatan Unit Kesehatan Sekolah
Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) dirasakan sangat penting bagi SD Koalisi Nasional Ngaliyan 01, 03, 07 Semarang. Hal ini karena jumlah siswa cukup banyak dan banyak permasalahan kesehatan yang terjadi pada anak didik di sekolah, oleh karena itu sangat diperlukan adanya Usaha Kesehatan Sekolah yang ditangani oleh Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan dan dokter kecil untuk memberikan pelayanan kepada siswa yang membutuhkan.
Pada ini, SD Koalisi Nasional Ngaliyan 01, 03, 07 Semarang merencanakan penambahan jumlah kader dokter kecil karena dokter kecil yang ada sebagian besar sudah lulus dari sekolah.

K. Program Kegiatan Pembinaan Rokhani
Program Kegiatan Pembinaan Rokhani untuk mencapai terwujudnya visi dan misi sekolah, maka pembinaan kerokhaniahan sangat penting bagi guru, karyawan dan siswa SD Koalisi Nasional Ngaliyan 01, 03, 07 Semarang agar kualitas keimanan dan mental spiritual selalu terjaga.
Untuk kegiatan tersebut SD Koalisi Nasional Ngaliyan 01, 03, 07 Semarang pada mempunyai beberapa program sebagai berikut :
1. kegiatan Baca Tulis Al Qur’an
2. kegiatan Kaligrafi
3. mengadakan peringatan hari besar agama
4. mengadakan mujahadah secara periodik
5. kegiatan sholat berjama’ah.

L. Program Hubungan Kemasyarakatan
Agar hubungan antara sekolah dengan masyarakat sekitar dan instasi terkait dapat berlangsung dengan baik dan lancar, maka SD Koalisi Nasional Ngaliyan 01, 03, 07 Semarang mempunyai program di bidang hubungan kemasyarakatan untuk dengan kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
1. Publikasi tentang kegiatan sekolah
2. Mengadakan pertemuan-pertemuan dengan :
- Orang tua murid
- Komite sekolah
- Instansi terkait
3. Mengundang narasumber dalam berbagai kegiatan
4. Mengadakan kerjasama dengan lembaga lain, antara lain :
a. Komputer
b. Sempoa
c. Bahasa Inggris
d. Tes IQ
e. Perusahaan lain yang tidak mengikat.